Karya Tulis Ilmiah



GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN GIGI DI FKTP DITINJAU DARI KEPUASAN PASIEN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL

Prodi : D3 ASURANSI KESEHATAN
Pengarang : VICA ERI ANGGRAENI
Dosen Pembimbing : Herlinda Dwi Ningrum , S.Kep, Ns. MPH
Klasifikasi/Subjek : ,
Penerbitan : , Malang: 2021.
Bahasa : Bahasa Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : ---
Jumlah : 1

Abstraksi

Latar belakang: kepuasan pasien merupakan hal penting dalam sebuah pelayanan, dimana semakin baik suatu fasilitas kesehatan maka akan semakin tinggi pula tingkat kepuasannya. Pelayanan gigi pada fasilitas kesehatan tingkat pertama merupakan salah satu pelayanan yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Berdasarkan data ditemukan masalah-masalah yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien BPJS Kesehatan dan salah satu diantaranya yaitu terbatasnya jumlah, penyebaran dan kualitas tenaga kesehatan termasuk dokter gigi. Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kualitas pelayanan gigi di FKTP ditinjau dari kepuasan pasien Jaminan Kesehatan Nasional. Metode: desain penelitian ini menggunakan literature review dengan metode tradisional review. Hasil: dari ketujuh jurnal, enam jurnal menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara lima aspek kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien, dan satu jurnal menyatakan bahwa tidak ada pengaruh. Kesimpulan: enam jurnal menyatakan bahwa lima aspek kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien, dan sebagian besar pasien merasa puas dengan pelayanan gigi yang diberikan baik dari aspek tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy.



Lampiran

[ Sampul Depan ]

File Lembar Persetujuan : [ Unduh ]

File Lembar Pengesahan : [ Unduh ]

File Abstraksi : [ Unduh ]

File Kata Pengantar : [ Unduh ]

File Daftar Isi : [ Unduh ]

File BAB-1 : [ Unduh ]

File BAB-2 : [ Unduh ]

File BAB-3 : [ Unduh ]

File BAB-5 : [ Unduh ]

File Daftar Pustaka : [ Unduh ]